Mindfulness Based Learning
30 October 2025 ELEMENTARY SCHOOL

Mindfulness Based Learning

Pembelajaran berbasis mindfulness adalah pendekatan belajar yang mengajak siswa untuk hadir secara penuh, fokus, dan sadar terhadap proses belajar mereka, serta mengelola pikiran dan emosi tanpa penilaian berlebihan. Tujuannya adalah untuk meningkatkan fokus, mengurangi stres, menumbuhkan pemahaman yang lebih mendalam, dan membantu siswa mengembangkan keterampilan belajar sepanjang hayat, seperti refleksi diri, motivasi intrinsik, dan pengaturan diri. Salah satu contoh penerapan Pembelajaran berbasis mindfulness adalah latihan pernafasan, yaitu mengajak siswa untuk melakukan latihan pernapasan dalam untuk menenangkan diri sebelum pelajaran dimulai. Hal ini sudah dilakukan oleh SD Ananda dan menjadi pembiasaan bagi guru dan siswa. Konsep Mindfulness yang dilaksanakan SD Ananda diharapkan dapat menumbuhkan kesadaran Siswa untuk sepenuhnya hadir secara mental dan fisik dalam aktivitas belajar saat itu juga.Selain itu juga diharapkan dapat ,elatih siswa untuk mengamati pikiran dan emosi mereka selama belajar tanpa langsung memberi label "baik" atau "buruk". Pembelajaran maindfulness ini juga berfokus pada proses: Menekankan pentingnya proses belajar itu sendiri, bukan hanya hasil akhir seperti nilai. Kegiatan ini juga diharapkan dapat membantu siswa menyadari proses berpikir dan merasakan mereka sendiri saat belajar. Kegiatan ini diikuti oleh guru dan juga siswa, dengan cara duduk diam dan memejamkan mata diiringi dengan lantunan musik yang halus dan lembut. (Dokumentasi)